Rabu, 30 Desember 2009

LAPANGAN OLAHRAGA

SEPAKBOLA
Bentuk dan ukuran lapangan yang sudah di standart-kan FIFA berlevel internasional. FIFA menerapkan standart baru ukuran lapangan sepak bola, tapi disini saya uraikan dengan kapasitas dan ukuran yang sudah dipakai selama ini. Lihat bagan berikut :

Keterangan :
A = Panjang Lapangan: 90m - 120m
B = Lebar Lapangan: 45m - 90m
C = Lebar Garis Luar Gawang : 40,3m
D = Panjang Garis Luar Gawang : 16,5m
E = Panjang Garis Dalam Gawang : 5,5m
F = Lebar Garis Dalam Gawang : 18,3m
G = Jarak Titik pinalty ke Garis Gawang : 11m - 12m
H = Jarak Garis Dalam dengan Tiang Gawang : 5,5m
I = Jarak Garis Luar dan Garis Dalam : 11m
J = Titik sudut lengkung : 1m
K = Diameter Lingkaran Tengah : 9,15m
L = Daerah Lingkaran
M = Daerah Luar Gawang
N = Daerah 1/4 Lingkaran
O = Daerah Dalam Gawang
P = Titik Pinalti
Q = Gawang dengan P x L : 7,3m x 2,4m

Posisi di sepak bola :
Keeper = Untuk mengamankan Gawang dari kebobolan gol atau disebut penjaga gawang
Breaker = Pemain terakhir sebagai pelapis penjaga gawang.
Stopper = Pengawal Breaker, biasanya tergantung stategi pelatih berapa orang yang dipasang.
Wing Back = Pemain bertahan tapi bisa membantu serangan.
Playmaker = Pemain yang mengendalikan alur serangan atau disebut gelandang
Winger = Pemain murni sayap kiri atau kanan.
Target man = Penyerang utama atau disebut Striker Murni.
Striker Tandem = Penyerang pembantu yang biasanya posisi-nya agak dibelakang striker murni.

Jumlah Pemain di sepak bola :
Terdiri dari 11 pemain dan tata letaknya tergantung strategi pelatih dalam menerapkan strategi, dan ada beberapa yang saya pahami adalah :
4-3-2-1 = 2 breaker, 2 stopper/wingback : (4), 2 gelandang bertahan, 1 gelandang serang : (3), 2 winger : (2), 1 TargetMan : (1), dan biasanya pola ini dipakai apabila tim menginginkan pola Sedikit bertahan, namun bisa mengandalkan serangan balik.
4-4-3 = 2 Breaker, 2 stopper/wingback : (4), 2 gelandang bertahan, 2 gelandang serang : (4), 2 Tandem striker, 1 TargetMan : (3), pola ini di pakai pelatih bila ingin melakukan serangan secara beruntun / bertubi-tubi memburu gol banyak.
4-3-1-2 = 2 breker, 2 stopper/wingback : (4), 2 gelandang bertahan, 1 gelandang serang : (3), 1 Tandem Striker : (1), 2 TargetMan : (2), pola ini hampir sama dengan 4-4-3 hanya agak kesulitan bila terjadi pertarungan di wilayah tengah terlebih musuh yang dihadapi mempunyai playmaker yang jagoan.
5-3-2 = 1 Breaker, 2 stopper, 2 wingback : (5), 2 gelandang bertahan, 1 gelandang serang : (3), 1 tandem striker, 1 Targetman : (2), pola ini dipakai jika lawan yang dihadapi kelas berat dan ingin bertahan untuk mencuri point / angka, atau kalaupun kalah tidak dengan score telak.
5-4-1 = 1 Breaker, 2 stopper, 2 wingback : (5), 2 gelandang bertahan, 2 gelandang serang : (3), 1 Targetman : (1), pola ini dinamakan defense football, full bertahan, dan sekedar bocoran lho... strategi ini seering dipakai oleh tim-tim dari tanah air, terlebih sebagai tamu, asal tidak kalah sudah bagus.
3-5-2 = 1 Breaker, 2 stopper : (3), 2 gelandang bertahan, 1 gelandang serang, 2 winger : (5), tandem striker, 1 Targetman : (2), pola ini bersifat kuno karena fungsi gelandang kurang variatif, terkesan bertumpuk dengan winger, dan ketika terjadi serangan akan terlambat turun kebawah mengingat posisi-nya lebih maju daripada wingback, khusus teknik ini liga eropa sudah tidak memakai, hanya mungkin di asia terutama negara kita.


Siapa Yang Ada Dilapangan :

1. 22 Pemain
2. 1 Wasit
3. 2 Hakim Garis


Istilah-Istilah dalam Pertandingan :

Pinalti = Tendangan 12 pass tanpa penghalang
Free Kick = Tendangan bebas langsung atau tidak dengan penghalang
Out Time = Waktu habis
Kick Off = Dimulai-nya pertandingan
Add Time = Tambahan Waktu
Corner Kick = Tendangan Sudut
Offside = Mendahului masuk ke daerah lawan
Handsball = Bola menyentuh tangan
Card = Kartu (kuning dan merah)
Overlap = Melakukan serangan secara silang
Passing = Umpan silang / umpan lambung
Heading = Sundul bola
Crossing = Umpan datar
Man to man = Penjagaan satu lawan satu
Deffense = Bertahan
Offense = Menyerang
One-Two = Umpang balik dari kaki ke kaki
Shoot = Tembakan


Turnamen dalam Sepak Bola Yang di sah-kan oleh FIFA:

Piala Dunia : Pertandingan tim-tim negara di dunia (4 th sekali)
Piala Benua : Pertandingan tim-tim negara tiap benua (eropa, afrika, asia, dll), (4 th sekali)
Piala Asean : Pertandingan tim-tim negara Asean (Indonesia, Thailand, Malaysia, Vietnam, Philipina, Brunei, Laos, Kamboja, Timor Leste )
Piala Liga/kompetisi : Pertandingan tim-tim dari negara sendiri dengan sistem nilai ( home and away), (1 th sekali/ 1 musim)
Piala Liga/non-kompetisi : Pertandingan tim-tim dari negara sendiri dengan sistem gugur ( home and away), (1 th sekali/ 1 musim)
Piala Super : Pertandingan tim negara masing-masing antara juara kompetisi dan juara non kompetisi , dan tiap negara punya nama piala sendiri-sendiri (1 th sekali)
Piala Champion : Tim-tim juara kompetisi peringkat 1-4 dari masing-masing negara dan tiap-tiap negara mempunyai nama sendiri-sendiri seperti champion amerika latin disebut libertadores.(1 th sekali)
Piala Winner/intercontinental : (Sekarang dihapus) tim-tim kompetisi peringkat 4-6 masing-masing negara.(1 th sekali)
Piala Super Eropa : Antara tim juara champion dan tim juara winner/intercontinental .(1 th sekali)
Piala Toyota : Pertandingan tim juara champion masing-masing benua.(1 th sekali)
Piala Konfederasi : Pertandingan antara tim juara piala benua.(1 th sekali)

Aturan Main Dalam Sepak Bola :

Waktu normal 45 menit x 2 Babak.
Waktu tambahan bila score 0-0 dalam sistem gugur adalah 15 menit x 2 babak.
Waktu tambahan bila ada kartu kuning adalah waktu normal + 30 detik (1 kartu), bila kartu merah adalah waktu normal + 1 menit (1 kartu), namun perhitungan ini terkadang masih dilanggar oleh beberapa wasit yang memimpin.
Bila score tetap 0-0 dengan adanya tambahan waktu maka, dilanjutkan adu tendangan pinalti (tendangan 12 pass), sebanyak 5 orang, jika masih score sama, maka adu pinalti dilanjut dengan 1 pemain -- 1 pemain-- sampai ada yang kalah.
Awal pertandingan bola ditengah lingkaran, dan tim mana yang lebih dulu menendang biasanya dilakukan lempar koin terlebih dahulu.
Bola dinyatakan keluar bila melewati garis tepi kanan-kiri lapangan, yang dilanjutkan dengan sebutan lemparan ke dalam dengan menggunakan kedua tangan, aturan mainnya : dengan kedua tangan, tidak boleh jongkok, tidak boleh menyentuh garis lapangan saat akan melempar, tidak boleh mengangkat kaki dalam keadaan kaki sejajar. jika dilanggar maka lempar bola berpindah tangan kepada lawan.
Bola dinyatakan keluar bila melewati garis tepi kanan-kiri gawang, yang dilanjutkan dengan tendangan gawang, aturan mainnya : bila bola keluar karena lawan yang menendang, tendangan dilakukan oleh penjaga gawang atau pemain belakang, tendangan gawang harus melewati daerah luar garis gawang (lihat gambar lapangan).
Selama pertandingan, bola tidak boleh tersentuh atau disentuh tangan.
Tendangan bebas diberikan karena adanya pelanggaran di luar daerah pinalti (daerah luar gawang).
Tendangan pinalti diberikan karena adanya pelanggaran di dalam daerah pinalti (daerah luar gawang).
Tendangan sudut diberikan karena bola keluar dan menyentuh salah satu pemain yang bukan lawan.

BULUTANGKIS


Lapangan bulutangkis mempunyai panjang 13.40 meter dan lebar 6.10 meter. masing-masing dibatasi garis servis panjang, garis pinggir ganda, garis tengah, garis servis pendek, dan net yang berukuran tinggi 1.55 meter.
Lapangan badminton untuk permainan tunggal berbeda dengan permainan ganda. Untuk permainan tunggal garis pinggir luar tidak dihitung, jika shuttlecock jatuh diluar garis pinggir dalam maka dianggap keluar. pada saat servis garis servis panjang dianggap masih di dalam lapangan bulutangkis. Sebaliknya lapangan badminton untuk permainan ganda, garis pinggir dihitung, jika pada saat servis shuttlecock jatuh di luar garis servis panjang maka dianggap keluar atau long.
Jadi jika Anda mau membuat lapangan bulutangkis di halaman rumah, taman di kompleks, atau gedung ukuran badminton court di gambar dapat dijadikan acuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar